PC IMM Sukoharjo
PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sukoharjo Jawa Tengah

Hardiknas Diperingati dengan Unjuk Rasa Damai

sumber: http://64.203.71.11/kompas-cetak/0605/03/jateng/35115.htm
Rabu, 03 Mei 2006

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5), di sejumlah kota di Jawa Tengah berlangsung unjuk rasa. Namun, kegiatan itu berlangsung damai.

Di Kota Solo, aksi berlangsung di perempatan Gladak oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM UNS) Surakarta dan BEM se-Surakarta. Setelah itu dilanjutkan oleh Komite Pendidikan Front Anti Neoliberalisme (KP-FAN) yang terdiri atas Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia Surakarta, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Surakarta, dan IMM Sukoharjo. Mahasiswa hanya menggelar orasi.

Para mahasiswa menyatakan peringatan Hardiknas 2006 hendaknya menjadi refleksi bagi pemerintah dan semua institusi pendidikan di Indonesia untuk bersama memperbaiki dunia pendidikan di Tanah Air.

“Kalau bangsa Indonesia ingin segera keluar dari intervensi asing, maka perbaikan di sektor pendidikan mutlak diwujudkan. Pendidikan adalah investasi jangka panjang ,” teriak mahasiswa.

Di Brebes, Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) melakukan aksi damai pendidikan di depan Stadion Karang Birahi. Menurut Ketua KPMDB, Karno Roso, aksi damai tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Aksi damai tersebut diikuti puluhan mahasiswa dan pelajar dari Brebes. Aksi diwarnai dengan penandatanganan spanduk sepanjang 10 meter dan pembagian pamflet serta stiker bermuatan pendidikan.

Di Purwokerto, sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai elemen dan universitas menuntut pemerintah merealisasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD dan APBN. Para mahasiswa itu berunjuk rasa dengan melakukan long march dari Universitas Jenderal Soedirman hingga Gedung DPRD Kabupaten Banyumas.

Mereka juga meminta pemerintah merevisi UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional karena UU itu menjadikan pendidikan sangat mahal bagi rakyat Indonesia. (WSI/WIE/SON)

Iklan

Belum Ada Tanggapan to “Hardiknas Diperingati dengan Unjuk Rasa Damai”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: